Retro
Retro adalah sesi singkat yang rutin dilakukan tim atau individu,
untuk meninjau isi PO.Box serta data-data performa mereka lainnya,
dengan tujuan mengidentifikasi apa yang bagus & apa yang harus diubah,
dari cara mereka bekerja — atau dari ekspektasi pelanggan mereka terhadap mereka.
1. Pelajari apresiasi yang masuk ke PO.Box
2. Pelajari saran dan kritik yang masuk ke PO.Box
3. Pelajari data-data performa lainnya
4. Kompilasi seluruh data, tuliskan respon dan aksi perbaikan, lalu sebarkan.
retro tim
Retro tim diadakan setelah rapat weekly / bi-weekly di tim masing-masing.
Retro tim adalah momen spesial bagi tim. Karena semua pujian/masukan/kritik, baik dari eksternal maupun internal akan dibahas untuk menjadi aksi-aksi perbaikan yang konkrit.
Respon Retro Tim-Tim
retro individu
Retro individu diadakan saat setiap 1-on-1 bulanan, bersama dengan direct manager masing-masing.
Membaca masukan/kritik dari orang lain, bisa jadi momen yang menegangkan. Belum banyak yang memahami, bahwa tidak semua saran orang lain harus kita turuti. Beberapa, bisa kita respon hanya dengan penjelasan.